Daftar Motor Teririt Tahun Ini – Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling populer di masyarakat saat ini. Ada banyak faktor yang membuat masyarakat lebih memilih sepeda motor dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, mulai  dari masyarakat kelas bawah sampai kelas atas.

Pertama karena bentuknya yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dibawa kemana – mana. Disamping itu harganya yang lebih terjangkau di bandingkan kendaraan roda empat sehingga masyarakat kelas bawah pun bisa memiliki alat transportasi ini apalagi semakin dipermudah dengan adanya sistem pembayaran dengan kredit. Sepeda motor juga di anggap sebagai alat transportasi yang lebih efesien dalam menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Berkaitan dengan konsumsi bahan bakar kita dapat kita perhatikan para produsen sepeda motor berlomba – lomba memproduksi sepeda motor dengan konsumsi bahan bakar yang irit untuk memenuhi kebutuhan konsumen terutama dari kalangan menengah ke bawah.

Daftar Motor Teririt Tahun Ini

Dalam artikel kali ini Kami akan mengulaskan tentang 10 sepeda motor yang di klaim paling irit saat ini. Kami menganggap klaim ini mendekati keakuratan karena ini Kami peroleh dari informasi-informasi langsung dari pabrik dan hasil test ride dari para pengguna.

1. Suzuki Nex ± 79.6 Km/ Liter

Sepertinya motor paling irit patut disematkan ke Suziki Nex. Ya, Motor matic imut keluaran Suzuki tersebut berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar yang jauh meninggalkan lawan – lawannya. Suzuki Nex mampu menempuh jarak sejauh 79.6 Km per 1 liter bahan bakar.

Daftar Motor Teririt Tahun Ini, Suzuki Nex

Fantastis, walaupun Suzuki memiliki produksi motor yang tidak sebanyak Honda ataupun Yamaha, namun ternyata hal ini tidak mengurangi kredibilitas Suzuki sebagai salah satu produsen motor yang besar. Skuter matic dengan kapasitas mesin 115 CC dan mengadaptasi teknologi Fuel Injection ini ternyata mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar seirit itu.

Suzuki Nex yang didaulat untuk menjadi pesaing Honda Beat Fi, ternyata mampu meninggalkan pesaingnya dalam hal efisiensi dan keiritan bahan bakar. Meski begitu, masih perlu diingat bahwa hal ini bukanlah sifat mutlak. Hal ini masih dapat dipengaruhi oleh banyak faktor.

2. Yamaha Jupiter Z1 ± 69.88 Km/ Liter

Satu motor bebek yang memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Kali ini Yamaha Motor Indonesia menyumbang bebek 115 CC nya, yaitu Yamaha Jupiter Z1. Dengan menggunakan teknologi YMJET – Fi milik Yamaha, Jupiter Z1 diklaim mampu menempuh jarak sejauh 69.88 Km per satu liter bahan bakar.

Daftar Motor Teririt Tahun Ini, Yamaha Jupiter Z1

Hal ini dipengaruhi oleh teknologi injeks YMJet FI yang dimilikinya, sehingga membuat konsumsi bahan bakar dari motor ini pun menjadi lebih irit dari generasi sebelumnya yang masih menggunakan sistem karburator.

3. Honda Absolute Revo Fi ± 62.2 Km/ Liter

Untuk kelas motor bebek, sepertinya masih didominasi oleh merk Honda. Dapat dilihat, salah satu motor bebek dengan kapasitas mesin 110 CC andalan Honda pada kelas menengah ke bawah yaitu Honda Absolute Revo Fi memiliki rasio konsumsi bahan bakar sebesar 62,2 KM / Liter.

Daftar Motor Teririt Tahun Ini, Honda Absolute Revo Fi

Hal ini disebabkan karena selain kapasitas mesin yang kecil, Honda Absolute Revo Fi juga menggunakan teknologi injeksi yang sama seperti yang digunakan pada Honda Supra X 125 Fi yaitu PGM – FI. Dengan harga yang relative murah dan konsumsi bahan bakar seperti itu, maka wajar saja banyak sekali pihak – pihak perusahaan yang menggunakan Honda Absolute Revo Fi sebagai kendaraan operasional bagi karyawan – karyawan mereka.

4. Honda Supra X 125 PGM – Fi  ± 62 Km/ Liter

Honda Supra X 125 PGM – Fi, merupakan produk keluaran Honda yang mengusung teknologi anyar Honda dalam hal sistem pembakaran injeksi. Teknologi yang dikenal dengan istilah PGM Fi atau Programmable Fuel Injection ini memang sudah menjadi primadona dari pabrikan Honda sejak pertama kali diluncurkan sampai saat ini.

Daftar Motor Teririt Tahun Ini, Honda Supra X 125 PGM – Fi

Dari hasil klaim pabrik dan test beberapa pihak, dapat disimpulkan secara relatif motor yang mengusung mesin dengan kapasitas 125 CC ini mampu bergerak sejauh 62 KM hanya dengan penggunaan 1 Liter bahan bakar. Ternyata walaupun memiliki CC yang lumayan besar, namun berkat adanya teknologi PGM – Fi ternyata mampu mebuat motor ini memiliki konsumsi bahan bakar yang tergolong irit.

5. Honda Vario 125 Fi ± 58.1 Km/ Liter

Mungkin saja Honda Vario 125 Fi merupakan salah satu motor matic dengan kapasitas mesin besar yang memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Motor bongsor dengan kapasitas silinder sebesar 125 CC ini ternyata sanggup menempuh jarak sejauh 58.1 Km per 1 liter bahan bakar.

Daftar Motor Teririt Tahun Ini, Honda Vario 125 Fi

Hal ini tidaklah mengejutkan, karena selain menggunakan teknologi injeksi PGM Fi milik Honda, Vario 125 juga memiliki satu lagi teknologi anyar yang disematkan. Teknologi itu adalah Idling Stop System atau ISS. Idling Stop System akan membuat mesin motor ini mati ketika mengalami kondisi idle dan tidak bergerak selama 3 detik. Anda dapat dengan mudah menyalakan mesin kembali, hanya dengan memutar gas. Dapat dipastikan, penambahan teknologi Idling Stop System ini membantu menambah irit konsumsi bahan bakar dari Honda Vario 125 Fi ini.

Selain itu, Honda Vario Fi 125 ini juga memiliki teknologi yang sama seperti yang dimiliki oleh Honda PCX, yaitu ACG Starter. Teknologi ini membuat Honda Vario 125 Fi tidak menimbulkan bunyi berisik pada saat di starter.

6.Yamaha Mio GT 125 ± 57.14 Km/ Liter

Pesaing dari Honda Vario 125 Fi ini kembali berasal dari produk rivalnya, yaitu Yamaha Mio GT 125. Motor ini merupakan pengembangan dari Yamaha Mio. Dengan kapasitas silinder yang lebih besar, Yamaha Mio GT 125 memiliki tenaga dan performa yang katanya lebih baik daripada Honda Vario 125.

Daftar Motor Teririt Tahun Ini, Yamaha Mio GT 125

Hal ini mungkin saja karena dari segi bobot, Honda Vario 125 memiliki bobot yang jauh lebih berat dibandingkan Yamaha Mio GT 125. Namun demikian hal itu tidak menjadi masalah, karena ternyata setelah dilakukan test ride dapat disimpulkan bahwa Yamaha Mio GT masih kalah irit dengan Honda Vario 125, yaitu hanya memiliki angka konsumsi bahan bakar sebesar 57.14 Km per 1 liter bahan bakar.

7. Honda Beat Fi  ± 57 Km/ Liter

Honda Beat Fi merupakan hasil penyempurnaan dari generasi beat sebelumnya yang menggunakan karburator. Sama seperti Honda Supra X 125 PGM – Fi, Honda Beat anyar ini juga menggunakan teknologi PGM – Fi yang membuat motor matic ini mampu menempuh jarak sejauh 57 Km per 1 Liter bahan bakar. .

Daftar Motor Teririt Tahun Ini, Honda Beat Fi

Dengan kapasitas mesin yang tergolong kecil, yaitu 110 CC saja membuat penggunaan bahan bakar pada Honda Beat sangatlah irit. Fakta tersebut  menepis anggapan bahwa menggunakan motor matic adalah boros walaupun statement ini masih bersifat relatif.

8. Yamaha Mio J ± 50.9 Km/ Liter

Yamaha Mio J diusung oleh Yamaha Motor Indonesia untuk bersaing langsung dengan Honda Beat Fi. Dengan spesifikasi yang hampir sama dengan Honda Beat Fi, Yamaha Mio J juga dibekali teknologi injeksi dari Yamaha, yaitu YMJET – Fi.

Daftar Motor Teririt Tahun Ini,Yamaha Mio J

Berdasarkan klaim pabrik dan hasil test dari berbagai pihak, Yamaha Mio J yang memiliki kapasitas mesin 110 CC dan memiliki dimensi bodi yang kecil mampu menempuh 50.9 KM per liter bahan bakar. Hasil ini ternyata masih kalah dibandingkan pesaingnya, yaitu Honda Beat Fi dan Suzuki Nex.

9. Honda New Megapro Fi ± 46.2Km/ Liter

Ada anggapan bahwa motor sport itu boros. Siapa bilang? Ternyata Ada beberapa motor sport yang masuk ke dalam kategori irit di kelasnya salah satunya adalah Honda New Megapro Fi. Walaupun Honda New Megapro Fi ini sepertinya cukup populer dibandingkan motor sport lain, namun ternyata memiliki konsumsi BBM yang irit yakni sekitar 46.2 KM / 1 Liter bensin.

Daftar Harga Motor Honda, Honda Mega Pro

Dari segi performa banyak yang menyayangkan performa yang dimiliki New Megapro ini, namun demikian dengan body yang besar dan gagah ternyata motor ini memiliki kelebihan dalam konsumsi bahan bakarnya.

10. Yamaha V-Ixion ± 44.3Km/ Liter

Motor sport lain yang ternyata masuk ke dalam kategori irit di kelasnya datang dari merk Yamaha. Sama seperti teknologi injeksi pada motor Yamaha lainnya ternyata konsumsi bahan bakar dari Yamaha V-Ixion ini tergolong irit.Dengan menggendong mesin DOHC 150 CC, anda dapat menempuh jarak kurang lebih 44.3 kilometer dengan 1 liter bahan bakar saja. Ternyata walaupun memiliki kapasitas mesin dan tenaga yang besar, konsumsi bahan bakar dapat ditekan secara  drastic melalu teknologi YMJET – Fi milik Yamaha ini.

Daftar Motor Teririt Tahun Ini,Yamaha V-Ixion

Dengan konsumsi bahan bakar seperti itu dan tampilannya yang lebih gagah, Yamaha V-Ixion merupakan salah satu motor sport yang worth to buy. Maka wajar saja motor ini ramai Kita lihat berkeliaran di jalan – jalan baik perkotaan maupun pedesaan.

Itulah daftar sepeda motor teririt tahun ini yang Kami suguhkan untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda terutama bagi Anda yang sedang mencari motor dengan konsumsi bahan bakar hemat dan tenaga handal. Untuk masalah harganya silahkan Anda cek di artikel Kami yang membahas tentang daftar harga motor dari berbagai merek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here