Haai apa kabar para otomania, jaman sudah maju tapi motor merk jupiter/vega dan sebangsanya gak mau ketinggalan jaman, motor ini gak mau kalah larinya sama motor-motor kluaran baru.Para pencinta otomotif pun semakin banyak yang pakek motor bebek ini.Gak tangguung-tangung kalau buat korek balap.Nah kali ini saya akan sedikit memberi tips  untuk korek harian yamaha vegaZR 150cc.

1. Piston Blitz Joy oversize 150 dengan diameter 57.5 mm

Dipadu stroke standar Vega ZR 57.9, maka akan bertemu volume silinder 150.4 cc. Ubahan piston Sonic harus mengatur ulang kubah silinder, klep, dan rasio kompresi sendiri. Liner harus diganti kala menggunakan piston ini. Karakter mesin akan square sehingga power mesin akan rata di setiap putaran.
2. Klep Sonic 28/24 mm
Klep harus mengimbangi diameter piston yang membesar. Piston ini juga cocok dipadu dengan klep Sonic yang berdiameter 28/24 mm. Jasa bubut untuk ubah sudut dan lain – lain lumayan mahal. Setelah ubah klep, kubah juga harus diatur berikut rasio kompresi nya. Pekerjaan ini dikerjakan bersama tukang bubut. Porting ulang saluran nya.
3. Knalpot costum
Kalau suara ingin tetap halus, maka knalpot standar di bobok dan leher di ganti yang lebih besar. Atau langsung saja beli knalpot racing juga bisa.
4. Karburator
Di reamer atau beli saja karburator berventuri besar. Kalau reamer bisa mencapai 24 mm, kalau beli sebaiknya gunakan karbu RX King (VM26) atau karbu NSR SP (PE28) atau milik Ninja RR (VM28). Setting juga mudah asal karburator ori pabrikan. Kalau pakai karbu RX King kombinasi spuyer berkisar 25/170.
5. Kopling
Perangkat ini juga harus dibenahi agar tidak terjadi selip karena power sudah sangat besar. Rumah kopling gunakan model pegas 5 sampai 6 per. Atau sekalian 1 paket TDR kopling manual yang versi 2 (berikut rumah kopling 4 per)
6. Noken as
Beli saja aftermarket rata – rata harga 300 – 400 ribuan, tpi kebanyakan kalau noken as di kastem sendiri oleh mekaniknya bisa menentukan durasinya  biar pas, katanya begitu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here