Tips Cara Merawat Sistem Transmisi Mobil РSebuah kendaraan bermotor tidak bapat berjalan tanpa adanya gear box maupun transmisi sebab komponen ini bertugas meneruskan daya yg dihasilkan mesin ke roda, sehingga dapat mengalir tenaga yang optimal seiring dengan kecepatan kendaran saat sedang melaju.

Mesikipun telah didesain sedemikian rupa sehingga mampu berumur panjang rupanya perawatan transmisi tersebut tidak dapat diabaikan begitu saja demikian juga dalam memperlakukannya, sebab menurut sebagian orang jika sistem ini sampai bermasalah apalagi berada ditengah jalan sangat merepotkan dan mahal.

Untuk sekedar meminimalisir kemungkinan rusaknya komponen ini sebetulnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti rekomendasi perawatan pabrik dan biarkan bengkel resmi mengerjakanya karena itu perhatikan hal-hal berikut ini agar anda dapat mengetahui gejala menurunnya kinerja pengantar daya ini :

Perawatan transmiis manual

Para pengguna mobil dengan transmisi manual boleh dibilang beruntung karena meskipun penggunaannya dibilang merepotkan karena harus menginjak kopling dan memindahkan gear sendiri namun untuk perawatanyapun terbilang lebih mudah, hal ini dikarenakan komponen yang ada didalamnya tidak terlalu ribet dibandingkan dengan transmisi otomatis yang mempunyai banyak komponen.

Baik bagian mekanis maupun elektronis akan tetapi yang perlu anda perhatikan adalah mengenai pergantian oli atau pada kondisi plat kopling, dan yang terakhir sangat erat kaitanya dengan gaya mengemudi serta kondisi lalu lintas yang ada.

Untuk ganti oli anda hanya perlu mengikuti anjuran yang telah terteradibuku manual, sedangkan untuk medeteksi kerusakan yang terjadi pada plat kopling juga sangat mudah, ketika bergerak putaran mesin dapat terus naik sementara untuk kecepatan diperlukan waktu yang cukup lama untuk bertambah, maka hal itu menandakan jika kopling mengalami slip sehingga tidak dapat mengikuti perintah mesin.

Plat kopling sendiri merupakan salah satu komponen fast moving yang terletak dikendaran dan suku cadangnya terletak dibengkel kecuali jika anda memang mempunya mobil antik yang jarang dimiliki oleh oleh orang lain

Perawatan transmisi otomatis

Sekarang transmisi otomatis lebih banyak digunakan dari pada transmisi manual hal ini tidak lain karena cara pengoprasiannya lebih mudah dan nyaman dari pada manual, manun dua hal tersebut perlu dibayar dengan perawatan yang lebih kompleks dan tentunya lebih mahal pula.

Bahkan sekarang ini mobil modern telah mempunyai modul elektroniknya sendiri yang berfungsi mengatur kinerja transmisi kendaraan agar tetap optimal dalam menerjemahkan kebutuhan untuk para pengemudinya serta mengefisiansi bahan bakarnya.

Cukup bagus memang namun jika telah rusak maka harganya cukup mahal karena itu perlakukanlah komponen ini secara lebih halus. Jika anda akan menghadapi medan yang semakin berat jangan ragu untuk melakukan kick down atau menggeser tuas transmisi keposisi lebih rendah walaupun mesin meraung namun beban sedikit lebih ringan.

Jika merasa tidak dapat melakukan perpindahan secara halus dan bersuara sangat disarankan untuk mengecek olinya, biasanya mobil bertransmisi otomatis mempunyai tongkat indikator oli tarik dan volume serta kualitas dari oli tersrebut, selain itu pastikan juga oli tidak kurang atau tidak lebih, pengecekan kualitas oli pada komponen ini adalah melalui bau dan warna, jika oli berwarna merah dan wangi maka hal itu menandakan bahwa oli dalam keadaan baik namun jika warna gelap dan berbau terbakar maka segeralah ganti oli tersebut guna melindungi bagian komponen mesin lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here