Review Honda Supra GTR 150 – akhirnya honda mengeluarkan bebek super motor yang diluncurkan honda sekitar akhir bulan april 2016. meskipun motor ini terbilang motor bebek tetapi mesinya 150 cc tegak dan mesin yang sama yang di gunakan juga oleh honda sebelumnya yaitu honda sonic, cb150r dan honda cbr 150.

bagaimana rasanya mengendarai mesin 150 cc ini yang ditanamkan pada motor bebek ini mari kita ulas dan review motor ini.

Review Honda Supra GTR 150

DESAIN

honda nampaknya serius menggarap motor terbaru honda supra GTR karena desainya jauh sekali dari generasi sebelumnya, desain yang di gunakan di Honda supra GTR ini menggunakan istilah  LAYERED COWL. dengan semua sudut desain melancip  dan desain body yang menumpuk  jadi melihat motor ini seakan akan desainya futuristik. akan  tetap  tampilan motor bebek ini masih tercermin dari motor honda supra gtr 150 ini, karena  nampak pada stang seperti motor bebek pada umunya dengan lampu di atas dan posisi lampu sein dan lampu kecil berada di bawahnya. kemudian beralih ke belakang desain melancip dengan mempertahankan desain motor bebek honda. dengan membuat lampu belakang dan sein menyatu tidak terpisah seprti rivalnya mx king.

RANGKA & KAKI-KAKI

bukan bebek super namanya klo kaki kaKinya tidak kekar . seperti kita lihat honda supra gtr ini mempunyai komposisi kaki kaki tidak seperti bebek biasa. nampak dari ban depan  menggunakan dimensi  90, 80, 17, sedangkan dibelakang jg besar menggunakan diametr 120/70. dipadu dengan velg alumunium di lengkapi dengan cakram depan serta belakang maka tidak mengherankan bila motor ini termasuk dalam kategori bebek super. as shockbreaker juga paling besar di kelasnya dan sudah dipadu dengan double cakram dan sudah pasti enak digunakan.

untuk sebuah motor bebek super komposisinya sudah pas. karna mesin tegak bisa tertanam di rangka honda supra gtr 150 ini. hanya saja memang tidak bisa membawa barang, karna posisi underbound yang cukup tinggi. motor ini tidak memiliki space di dalam jok motor ini, karna ada tangki yang cukup besar berada di posisi bawah jok.

PERFORMA MESIN

dan ini inti dari honda supra gtr 150 mesin baru untuk sebua bebek karna posisi tegak, berbeda dengan posisi mesin bebek sebelumnya. dengan tenaga 15.4 dk dan torsi 13,5 NM rasanya pasti diatas performa bebek biasa, tapi dengan posisi mesin tegak, tulang atau underbond dari motor ini juga lebih tinggi  sehingga agak susah membawa barang di antara selah selah kaki. sebagai paduan dari mesin 150cc bebek ini menggunakan transmisi 6 speed. uniknya honda masih mempertahankan bentuk tuas presneleng layaknya tuas bebek biasa.

Untuk mengoptimalkan kinerja mesinnya, Honda GTR 150 mengadopsi teknologi PGM-FI. Sistem pembakaran berteknologi Fuel Injection tersebut, akan membuat kinerja mesin semakin responsif dan bisa mengoptimalkan tingkat efesiensi bahan bakar.

 

RUANG JOK

untuk membuka tangki ini anda harus mencabut anak kuncinya, dan mencolok kuncinya di antara pijakan step. apabila kita lihat di dalam jok motor ini tidak ada tempat sama sekali. karena sudah terpenuhi saringan udara angki yang cukup besar. adapun hanya space kecil untuk menaruh toolkits.

Fitur-Fitur

beberapa fitur ditanamkan honda supra gtr ini, vitur vitur layaknya motor baru yaitu lampu depan LED, sayangnya untuk lampu kecil menggunakan halogen. di belakang sudah menggunakan lampu LED.

ditambah speedometer dimana ada tachometer secara analog  tapi juga ada speed meter dan trip meter digital sayang sekali belum ada MID nya. motor ini hanya tersedia varian kopling saja.

TEST DRIVE

performa dari bebek super ini memang oke banget. menggunakan mesin yang sama dengan all new cb150r, all new cbr 150, dan all new honda sonic perfomance tak perlu diragukan lagi. tarikan 0 sampai 100 km/jam yang kami catat dengan menggunakan racelogic  performance box adalah 12,7 detik. namun untuk mendapatkan waktu ini. perfomaance mesin juga di imbangi dengan suspensi yang cukup mumpuni shockbreaker telescopic dpn dengan diameter besar di kelas bebek dipadu dengan suspensi monoshock di belakang. headling motoro cukup enak pada kecepatan sedang karena di dukung dengan suspensi mantap yang di berikan honda. namun cenderung agak kaku. apabila terkena lubang relatif terasa lebih keras. redam suspensi ini terhadap medan buruk cukup mantap, namun hanya saja terasa agak keras. posisi riding agak cukup nyaman tegap ciri khas dari motor bebek pada umumnya. tuas dan koplingpun nyaman di genggam dengan posisi tersebut memudahkan mengendalikan motor. tinggi jok juga moderat khas bebek hanya saja jok dirasa kurang empuk, yang mana untuk perjalanan pendek cukup ok hanya saja untuk perjalanan jauh mungkin di rasa kurang nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here