Tips Mudah Membersihkan Filter Udara Motor – filter udara atau disebut juga dengan saringan udara ini merupakan perangkat dalam dapur pacu sebuah kendaraan bermotor yang bertugas menyaring udara yang masuk dari luar guna menunjang kinerja pembakaran di ruang pembakaran pada mesin pacu. apabila perangkat filter udara tidak melakukan tugasnya dengan baik atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka hal ini tentu akan menyebabkan gangguan pada proses pembakaran lebih fatal lagi apabila ada kotoran atau debu sampai masuk menggores dinding silinder dan piston maka akan berdampak buruk pada kinjera mesin tersebut.

dalam proses service berkala beberapa komponen harus di bersihkan bahkan, jika perjalanan motor sudah menempuh jarak 15.000 – 20.000 km maka harus ada pergantian dari komponen lama ke komponen baru

filter udara yang selalu dirawat tentuntya akan selalu bersih dan membuat kinerja laju motor tetap kencang serta mulus dijalan.  karena memang filter udara ini merupakan kompoonen penting dalam motor  sobat. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang cara membersihkan filter udara motor dengan benar sangat penting untuk dilakukan agar sektor mesin pacu pada motor menjadi lebih terawat dan terjaga kualitasnya.

namun perlu di ketahui  ada beberapa macam tipe jenis filter atau penyaring udara pada mesin. di bawah ini sedikit ringkasan beberapa jenis filter udara yang perlu sobat ketahui:

TIPS MUDAH MEMBERSIHKAN FILTER UDARA MOTOR

3 jenis filter pada motor yang perlu sobat ketahui serta cara merawatnya:

  1. FILTER UDARA MOTOR Type Konvesional

Jenis  filter udara motor yang satu ini merupakan penyaring udara yang umunya terbuat dari bahan busa atau spoon. namun, untuk jenis filter udara konvesional ini disematkan pada kendaraan jenis roda dua atau sepeda motor. untuk cara merawat filter udara type konvesional ini sangat mudah hanya dengan menyiramnya atau merendamnya dengan cairaan khusus atau air dan sabun. setelah filter sudah bersih cukup di keringkan dengan terik matahari atau di semprotkan dengan  udara bertekanan tinggi (compresor). untuk hasil yang maksimal kembali sobat bisa melapisi filter ini dengan lapisan oli yang diratakan untuk menangkap kotoran atau debu debu yang melewati filter konvesional ini. yang perlu sboat perhatikan adalah jika busa sudah mengeras bagian permukaannya atau pori pori dalam spoon sudah tampak tidak rapat  sebaiknya memang sudah waktunya diganti dengan yang baru karena spoon atau busa pada filter juga ada batas usianya.

  1. FILTER UDARA MOTOR Type Kertas (kering)

merupakan salah satu jenis filter  udara motor yang biasa di gunakan, disebut juga dengan filter dry element. untuk filter ini biasanya agak lebih tebal sehingga tidak cepat rusak saat menyaring udara. cara merawatnya pun terbilang cukup mudah  karena bahan nya terbuat agak tebal dari type konvensional sehinggak filter udara motor ini tidak cepat rusak dalam perawatanya. cara perawatanya punn cukup dengan menyemprotkan udara bertekanan tinggi bisa menggunakan kompresor. meski begitu, penggantian filter type ini wajib dilakukan ketika sobat melihat bentuk filter ini sudah terlihat bolong dan tidak bisa dibersihkan lagi dan kondisi bentuk sirip filter sudah mulai melekuk tidak selurus filter filter baru pada umunya.

  1. FILTER UDARA MOTOR Type Basah

Meski memiliki bahan yang sama. namun filter udara jenis ini memiliki karakteristik yang berbeda. Filter udara motor ini juga banyak di gunakan di motor-motor lainya. filter ini juga bisa di sebut dengan istilah Wet element. hanya saja filter jenis ini perlu treatment khusus karena type  dengan filter basah, mengandung pelumas khusus yang berfungsi menangkap kotoran serta debu. dan melindungi ruang bakar mesin secara maksimal filter ini sering kita temui pada jenis motor matic tahun 2014. pada filter ini tidak boleh di cuci atau di bersihkan menggunakan kuas atau sikat. karena apabila di cuci atau di semprot dengan udara kompresor mampu menghilangkan pelumas yang ada pada permukaan filter tersebut.

lantas untuk membersihkannya cukup dengan dipukul pukul ringan saja tapi lebih disarankan untuk mengganti tiap pemakaian 15.000km.

semua type Filter saringan Udara ini sebenarnya bisa di olesi dengan oli, atau banyak juga d pasaran atau toko toko onderdil yang menjual minyak khusus untuk penyaring filter udara tersebut. tapi jika tidak ada, sobat hanya perlu mengolesi dengan sisa pelumas oli baru bukan olie bekas. dan tidak perlu sampai basah kuyup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here