REVIEW MOTOR CRUISER 2018  BENELLI MOTOBI 200 EVO – pada ajang pagelaran motor Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. para produsen kendaraan motor dan mobil memamerkan produk produk terbarunya serta menjual produk tersebut. selain itu di ajang ini menyediakan arena uji kendaraan yang terletak di belakang gedung ICE, BSD, Tanggerang.

Tujuannya, untuk memberikan pengalaman berkendara pada calon pembeli yang penasaran dengan produk yang mereka lihat. pengunjung bebas dipersilahkan mendaftar untuk melakukan uji coba.

dari beberapa produsen motor ada satu produsen motor asal italia yang menyediakan unit uji yaitu Benelli dengan motornya yaitu model Motobi 200 EVO.

motor ini mengusung konsep motor Cruiser, dengan body yang sangat bongsor dapur pacu motor ini hanya 197 cc bermesin injeksi. selain itu karena harga yang di tawarkan produsen untuk motor ini lumayan murah di kelasnya wilayah OTR jakarta, yakni berkisar antara 28,8 sampai 30 juta.

REVIEW MOTOR CRUISER 2018  BENELLI MOTOBI 200 EVO

DESAIN

ciri khas clasic tampak dari bagian depan lampu depan  serta sein yang bundar bagian shockbreaker depan telescopic. yang terbaru hanya pelek palang dengan ban ukuran 90/90. tampilan Speedometernya membulat dengn konsep digital yang menampilak ukuran kecepatan, tripmeter, indikator bensin, indikator lampu jauh-dekat, indikator oli, indikator lampu sein serta posisi percepatan gigi motor.

pada panel panel tombol motor ini cukup sederhana. pada setang kiri terdapat tombol klakson, tombol lampu jauh-dekat, pada setang kanan terdapat stater elektrik, engine stop yang unik pada panel ini ialah panel seinya, karena terpisah untuk Sein kiri dibagian setang kiri dan untuk sein kana di bagian kanan, apabila kita menekan sein bersamaan bukan menandakan sein lampu hazard, melainkan lampu bergantian. cara mematikannyapun cukup mudah apabila ingin berbelok cukup menekan sekali dan mematikannya dengan menekan agak lama untuk seinya.

oh iya yang unik lagi pada motor ini penempatan speedometernya menempel pada setang. yang saya rasakan saat menekan handle kopling serta rem nyaman di pegang cukup empuk saat di genggam. posisi kunci engine star serta kunci stang terpisah di bagian sebelah kanan serta untuk membuka tutup tangki.

untuk posisi jok agak pendek  hanya 71,5 cm dari permukaan aspal sangat cocok untuk postur standar orang indonesia, tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah. dibagian jok jok juga masih ada space untuk berboncengan.

dibagian footstep posisinya agak maju kedepan bagian persenling dan rem juga sama  sebagaimana ciri khas motor-motor cruiser lainya. di bagian buritan lampu stop dan sein bundar, benelli juga memberikan mard gard. untuk shockbreaker belakangnya sudah menggunakan tabung. dan pelek bagian belakang menggunakan ring 15 dengan ukuran ban 130/90. rem belakang belakang cakram dengan diameter 240 mm.

SPESIFIKASI BENELLI MOTOBI 200 EVO

mesin benelli ini menggunakan 1 silinder 4 tak berpendingin udara dan juga pendingin oli dengan kapasitas 197 cc. tidak ada spek tenaga namun torsi sekitar 13,7 NM pada 6000 RPM. Secara umum, saat dikendalikan motor terasa stabil dan nyaman diajak meliuk dengan bekal suspensi depan empuk serta bagian belakang yang sedikit keras.

motor ini sudah injeksi, kenalpotnya punya kotak besar di bawah  sepertinya catalitic. lalu dengan ukuran mufler kecil. suspensi nya cukup empuk saat dikendarai. dengan posisi jok rendah enak selonjoran saat riding, namun setang agak pendek jadi posisi riding tidak terlalu santai saat riding. yang agak kurang tenaga mesinnya. motor ini cukup rensponsif ketika di buka gas maupun pengereman.

MESIN
Displacement 197cc
Engine mode 1-cylinder/4-stroke/2-valve
Bore x stroke ø63.5×62.2 mm
Max Torque 13.9N.m/6000 r/min
Compression Ratio 8.3:1
Fuel system injection
Ignition EFI
Starter Electric & Kick
Lubrication system Pressure splash lubrication
Cooling system oil-cooled
Gearbox 5-speed
Transmission type final drive Chain
Clutch Type Wet multi-plate
Rangka
Frame type Bassinet type
Front suspension Telescopic forks
Front suspension travel 120mm
Rear suspension Telescopic coil spring oil damped
Rear suspension travel 55mm
Fr. tyre 90/90-17
Rr. tyre 130/90-15
Fr. Brakes Disc
Fr. brakes diameter 280mm
Rr. brakes Disc
Rr. brakes diameter 240mm
Dimensi
Dry weight 156kg
Seat height 715mm
Overall Length 2140mm
Overall Width 800mm
Overall Height 1050mm
Ground Clearance 150mm
Wheelbase 1440 mm
Fuel capacity 11.8L

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here