TIPS MENGHILANGKAN KUSAM SERTA MENGKILAPKAN BODY MOTOR – Dalam perawatan motor banyak orang yang terfokus dalam perawatan mesin saja tanpa mereka sadari bahwa bagian body pun sangat penitng, karena apabila kondisi motor oke body kinclong makin asik saat mengendarainya.

Motor bebek ataupun matic memiliki bagian plastik motor yang berwarna hitam dan tidak mengkilap. Sebut saja motor matik honda vario atau bebek yamaha jupiter , honda dan lainya juga memiliki bagian plastik yang bertekstur. Bagian ini pada motor matic biasanya ada pada dek, dashboard dan juga pijakan kaki. Pada motor bebek bisa kita temui pada dashboard, slebor belakang dan beberapa bagian lain pada motor.

banyak sekali faktor penyebab kusamnya body motor, apalagi body yang berbahan pelastik agak susah memang saat melakukan pembersihannya. diantaranya adalah debu yang menempel, cahaya panas langsung dari matahari, terkena air hujan secara terus menerus, terkena minyak, proses pencucian dan pengeringan yang salah dapat membuat motor menjadi kusam, jarang di cuci atau minimal di lap.

Berikut TIPS MENGHILANGKAN KUSAM SERTA MENGKILAPKAN BODY MOTOR  yang mudah sobat praktekan di rumah:

Jaga motor dari paparan sinar matahari

Menjaga motor dari sengatan sinar matahari secara langsung, turut menjaga kondisi warna body motor. Anda bisa menyiasatinya dengan memarkir motor pada tempat yang teduh.

cuci motor setelah terkena air hujan

Jangan biarkan motor kehujanan begitu saja. Tahukah anda bahwa air hujan mengandung garam yang mampu membuat besi dan cat motor mengelupas akibat efek korosif dari air hujan tersebut. Oleh karena itu segera cuci motor dengan air bersih jika kehujanan.

keringkan motor dengan benar

setelahh melakukan pencucian terhadap motor. motor perlu dikeringkan dalam hal mengeringkan bodi sepeda motor hal yang perlu diperhatikan adalah mengeringkan sampai benar benar kering bodi kendaraan sepeda motor anda. jangan sampai ada air yang tersisa di bodi sepeda motor anda. hal ini dapat menimbulkan karat atau korosi dan juga pemudaran  warna dalam kendaraan sepeda motor anda

Segera bersihkan saat terkena minyak

Saat motor anda terkena minyak terutama minyak rem yang kemungkinan bisa mengenai bodi motor anda, segera bersihkan minyak tersebut dari bodi motor anda menggunkan kain kannebo atau sejenisnya. setelah bersih dari minyak lakukan proses pengelapan yang menggunakan air seperti pada nomor dua.untuk menghindari dari terkenanya minyak pada bodi motor kesayangan anda, cek minyak pada rem apakan ada yang keluar atau juga minyak pada bagian shock. jika terjadi minyak keluar pada bagian itu lebih baik lagi bawa ke bengkel untuk perbaikan minyak tersebut.

Hindari detergen

Janga pernah sekali sekali mencoba mencuci menggunakan detergen. jika memang tidak memiliki shampoo motor untuk mencuci dan ada detergen di rumah, lebih baik untuk mengelap saja dengan menambah sedikit air pada bodi motor kesayangan anda.

Rutin Mengelap Motor

Sebelumberaktivitas menggunakan motor atau berangkat kerja usahakan untuk mengelap sepeda motor anda dengan menggunakan kain halus dan lembut sembari memanasi mesin motor anda. hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi debu-debu yang menempel di bodi motor anda. jangan malas untuk mengelap sepeda motor kesayangan anda dalam pengelapan bodi sepeda motor bisa juga di tambah silikon agar cat bodi sepeda motor menjadi kinclong dan melindungi cat agar tidak mudah pudar.

Menambahkan silikon

melakukan pengelapan menggunakan silikon dalam bodi motor anda dapat berfungsi sebgai pengkilap dari bodi motor anda dan juga berfungsi sebagai pelindung dari cat bodi motor anda sehingga tidak mudah mengelupas cat bodi motor anda. pemilihan silikon yang tepat dengan memperhatikan kualitas dari bahan pembuat silikon tersebut. setelah menambahkan silikon perlu dilakukan pengelapan atau pengeringan kembali dengan menggunakan kain halus tanpa menggunakan air.

Demikian TIPS MENGHILANGKAN KUSAM SERTA MENGKILAPKAN BODY MOTOR yang dapat dilakukan dengan baik. karena apabila body motor yang kilap dapat menambah kegantengan sobat saat membawanya Hehehehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here