Review saudara kembarnya BMW G310R, TVS Apache RR 310 – tidak lama setelah launching di india pada desember lalu, tvs indonesia seskarang sudah memasarkannya di indonesia, dan anda dapat memesannya dengan inden sekitar 1 atau 2 bulan. menariknya lagi motor ini merupakan sodara kembar, meskipun tidak kembar identik. karena tamplian wajahnya berbeda dengan sodara kembarnya yaitu BMW G310R.

Di desain sebagai sebuah motor sport,  TVS Apache RR 310 tampak kekar sekali di depan. dan sebenrnya desain ini sudah kita bayangkan sebelumnya, karna tvs pernah memamerkan sebuah motor konsep di indonesia wkatu itu di motor show namanya TVS AKULA 310 dan itu sebut-sebut mereka sebagai salah satu produk terbaru mereka di segment motor sport akan tetapi waktu itu tampaknya tampilannya racing sekali, karena di bagian depan  firingnya terlihat mirip dengan  TVS Apache RR 310 hanya saja kedoknya itu kedok buta belum ada lampunya.

DESAIN

mulai dari kedoknya tvs ini memberikan lampu tidak seperti motor konsepnya yang  full firing. lampu depan sepasang sudah menggunakan lampu berteknologi LED dan keduanya sudah disisipi projector. dan iut satu-satunya dikalsnya saat ini.

motor ini di Desain sangat aerodinamis, mirip sperti HIU, dengan aksen lancip lancipnya di depannya tetapi merapming di bagian belakangnya layaknya motor sport masa kini. kalo kita lihat motor ini sekilas mirip superbike pabrikan asal italia yaitu ducati panigale.

dibagian jok depan dan belakang ada semacam lubang. akan tetapi di motor TVS ini bukan sebuah lubang sirkulasi hanya aksen palstik saja berbentuk hanicom. di bawah jok terpasang lampu rem type LED dan sudah lengkap dengan dudukan plat nomor, tetapi dudukan plat nomornya cukup kecil. yang unik lagi di bagian bawah dudukan plat nomor ada matakucing , tidak seperti motor pabrikan pabrikan lainya. karena mengacu pada standar eropa disana yang mengharuskan ada matakucing di sebelah sampingnya.

ada yang cukup menarik lagi di bagian buritan motor TVS Apache RR 310 ini yaitu sebuah komponen besi di sebelah kanan sisi jok blakang motor. nampaknya besi ini sangat berfungsi sekali  disaat anda memindahkan motor atau berpegangan saaat di bonceng. ada satu lagi komponen yang diberikan yang jarang pabrikan pabrikan indonesia pada umumnya yaitu madgard di bagian ban belakangnya.

jadi secara desain motor tvs ini mrip sekali dengan motor konsepnya yang di pamerkan waktu itu. padahal motor ini berbagi karakter serta bangun rancang yang sama dengan BMW G310R. motor ini pun banayak sekali komponen yang sama dengan BMW G310R muali dari sasis, suspensinya, yang membedakan hanya bagian body serta frame rangka.

motor ini menggunakan sasis tralis. anda dapat melihat sasis ini di bawah tanki, kaerna memang tidak seperti motor -motor sport biasa kaerna memang di biarkan terbuka sehingga anda dapat melihat bebrapa daleman komponen motor ini. bahkan sasis ini di beri warna merah serta ada tulisan RACESPACE di rangkanya. motor ini menggunakan suspensi upside down di bagian depannya, dipadu dengan Rem cakram singel Disc 300mm dengan ban depan 110/70-R17 M/C 54H Tubless. sedangkan di belakang menggunakan swing arm dipadu dengan shockbreaker Kayaba serta rem cakram 240mm.

Review saudara kembarnya BMW G310R, TVS Apache RR 310

ENGINE

motor ini dibekali kapasitas mesin yang cukup gahar 310cc satu silinder, yang dapat menyemburkan tenaga hingga 25 Kw pada 9700 rpm serta trosi maksimal yang diberikan sekitar 23,3Nm pada 7700 rpm.

Motor sport ini mampu mencapai kecepatan maksimal pad angka 160 kilometer per jam dengan akselerasi 46,77 kilometer per jam dalam dua detik. Dengan kapasitas bahan bakar 11 liter.TVS Apache RR 310 memiliki tinggi keseluruhan 1135 mm, panjang 2001 mm, lebar 786 mm, tinggi tempat duduk 810 mm, dan berat 169,5 kilogram.

Bahkan TVS mengklaim kalau motor ini bisa melaju dari 0 km/jam ke 60 km/jam dalam waktu 2,93 detik saja.

HARGA APACHE RR310

sebagaimana pada oenjelasan di atas, motor tangguh hasil kolaborasi TVS india dengan BMW ini menghadirkan ragam keunggulan yang sudah tak bisa di remehkan lagi. muali dari segi desain fisik bagaimana pihak pabrikan membangun konsep tvs ap[ache ini.

berkaitan dengan harga, motor ini sudah tersedia di sejumlah dealer resmi tvs di india lalidimana info yang di dapat dibanderol dengan harga INR 2,05 lakhs. jika konversikan ke rupiah setara Rp 43 jutaan.

bukan tanpa alasan mengingat motor ini didatangkan langsung secara utuh dari india sehingga bakal terkena regulasi pajak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here