REVIEW SKUTIK GAMBOT HONDA FORZA 2018 – motor ini mungkin yang sudah anda tunggu-tunggu beritanya, keywordnya , sangat banyak di cari orang di dunia maya honda FORZA kapasitasnya 250cc. skutik gambot ini baru di luncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018.

untuk bisa bersaing di kelas pasar skutik 250cc terutama karena dikelas itu sudah ada yamaha XMAX tentunya. Honda Forza ini punya banyak Senjata salah satunya, dari segi desain. honda memang memberikan banyak sekali lekuk-lekuk futuristis. DI GIIAS motor yang di pamerkan di booth utama honda itu adalah warna putih. mungkin itu adalah Hero Color dari Honda Forza. namun yang pada kami berwarna silver namun ada satu lagi yang tersedia yaitu hitam doff.

DESAIN

kelihatan sekali permainan bentuk body dan warna cukup dominan di honda FORZA ini. bagian yang berwarna silver ini dan abu -abu gelap seperti body yang menumpuk dan itu keren sekali, apalagi lampu depannya yang meruncing dan semua dah full LED dan sangat elegan lampu ini nampak pada malam hari. di bagian depan lampu sein menjadi satu dengan spion, sementara spionnya bisa dilipat tungkainya. lalu bagian dari kaca spion ini bisa di stel. hanya kaca tidak bagian batok dari spion tersebut.

sementara itu di belakang bodynya sebenarnya mirip dengan rata-rata skutik pada umumnya yang tidak mempunyai dek rata. ada tangki di bagian bawah dengan kapasitas 11,5 Liter cukup besar, jadi bisa di bilang cukup lebar dan dalam tangkinya.

di bawah joknya ada bagasi yang cukup besar bisa memuat 2 buah helm full face. secara dimensi honda forza ini jauh lebih besar dari honda pcx. honda forza ini menggunakan wheelbase 1,510mm, akan tetapi sedikit lebih pendek dari yamaha xmax yang 1,545mm. sektor jok, karena untuk bagian depan Honda sedikit membuat jok tempat duduknya sendiri lebih rendah dibandingkan dengan jok pembonceng. motor ini juga sudah dilengkapi dengan pijakan kaki yang cukup besar. Sedangkan pada bagian belakang, Honda menawarkan desain stoplamp yang terbilang cukup keren dengan sudah diapit oleh dua lampu sein.

motor ini sudah dilengkapi dengan system keyles seperti yang tertanam pada pcx. pada spedoometer secara garis besar ada 2 lingkaran yang merupakan indikator analog yaitu indikator kecepatan dan takometer, dan ditengahnya tampilan lcd besar yang menampilkan info mengenai waktu, temperatur di bawahnya ada battery indikator . ada dua info MID yang bisa anda lihat pertama adalah info A yang mana apabila anda pencet sebelah kiri maka yang berubah adalah trip a dan trip b

pada setang kanan  ada 3 fitur tombol yaitu tombol start, tombol hazard, dan stop engine. beralih ke kiri baru banyak sekali fitur-fitur tombol ada tombol klakson, tombol sein kanan-kiri, tombol lampu jauh dekat, ada tombol info A untuk mengubah tampilan apa saja di MID A, lalu ada tombol Info B, ada tombol torque control  lalu ada tombol electrice windhield yang mana apabila ditekan kebawah windshieldnya turun dan sebaliknya bila di tekan ke atas naik, sesuai dengan keinginan si pengendaranya.

ada laci besar di bawah setangnya cukup besar bisa menampung botol minuman dan didalamnya ada sisipan untuk dudukan hp  serta colokan charger.

SEKTOR KAKI-KAKI

Keunggulan dari motor Honda ini tentunya pada bagian suspensi serta kaki-kaki. dari harganya yang cukup mahal kalo dari komposisinya Honda FORZA ini di bagian depan menggunakan velg 15 inchi dengan profil ban 120/70 sedangkan di belakangnya ada velg 14 inchi dengan profil ban 140/70.

Suspensi depan menggunakan teleskopik dengan satu disk brake 240 mm, dan dibelakang juga suspensi belakang Twin Rear menggunakan single disk brake. keduanya sudah di elangkapi dengan sistem ABS. motor ini merupakan motor rakitan thailand yang di import ke indonesia ada yang menarik di bagian spakbor depan honda FORZA ini menggunakan mata kucing yang mana merupakan satu standar keamanan

REVIEW SKUTIK GAMBOT HONDA FORZA 2018

PERFORMA

dari data spesifiknya motor ini menggunakan rangkaian mesin yang cukup mantap di kelas matic gambot. motor ini menggunakan mesin dengan kapasitas 248 cc, yang mana tenaga serta trosinya lebih kecil diabndingkan dengan forza 300cc.

dimana dari data spesifikasi  tenaga maksimum sebesar 17.5kW pada 7.000 rpm dan trosi 24 Nm pada 5.750 rpm. mesin FOrza 250cc inisedikit lebih bertenaga dibandingkan dengan yamaha XMAX 250 yang mana XMAX hanya mampu mengeluarkan tenaga 16.9 kW dan torsi 24.3 Nm.

Tipe 4 stroke, 4 valve liquid-cooled
Kapasitas 248 cc
Tenaga Maksimum 17,3 kW / 7500 rpm
Torsi Maksimum 24 Nm / 6250 rpm
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection (PGM-FI)
Tipe Stater Electric
Tipe Transmisi V-Belt, CVT
Bore X Stroke 68 x 68,567 mm
Rasio Kompresi 10,2 : 1
Tipe Kopling Automatic Centrifugal clutch; dry type
Kpasitas tangki 11.5 Liter

Dengan Harga perkiraan sekitar Rp 60 jutaan ini motor ini sudah terbukti sangat sempurna untuk ukuran sebuah skutermatic. namun dengan harga yang lumayan tersebut sebanding dengan fitur fitur yang di berikan Honda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here