First Impression Review All New Kawasaki Ninja 250 2018 – motor ini adalah Pioner di kelas 250 cc dan akan menjadi pemain kunci di tahun 2018. inilah kawasaki ALL NEW NINJA 250. hadir dengan nama ALL NEW motor ini adalah generasi ke tiga dari semua keluarga  motor ninja. pertama kali di perkenalkan pada 2008 dengan nama ninja 250 R, menggunakan mesin 2 silinder segaris dengan teknologi karburator. pada saat itu motor ninja menjadi  pioner di kelas 250cc. dan menjadi motor yang pertama kali menggunakan mesin konfigurasi  2 silinder segaris.

di perbaharui pada 2012, kawasaki memperbaharui versi injeksinya. dengan desain dan mesin yang baru, sehingga kesan penyegaran mendapatkan hati di pecinta motor kelas 250 cc ini. akhirnya pada penghujung 2017 kawasaki memperkenalkan model terbaru dari ninja 250.

mengusung nama ALL NEW memang bukan hanya sekedar nama saja, karena motor ini sudah di rancang ulang oleh kawasaki. sebelum berbicara mengenai desain, kita melihat lagi kontruksinya karena ini berubah total. dari segi dimensi saja tampak lebih kecil dari generasi sebelumnya. dengan panjang  lebih pendek 20 mm dengan tinggi turun sekitar 15 mm, tetapi lebih lebar dari generasi sebelumnya. sementara jarak sumbu roda di panjngkan sekitar 30mm.

dengan dimensi itu sebenarnya motor ini lebih ringan. karena sasisnya baru hampir mirip dengan kakaknya yaitu kawasaki ninja H2. bentuk sasisnya yang trelis. dengan tanki yang lebih kecil dengan kapasitas 14 liter berbeda dengan sebelumnya yang dapat menampung sekitar 17 liter.

motor ini memiliki bobot yang lebih ringan juga dari sebelumnya,karena bobotnya hanya 167 kg. dengan bobot yang ringan welbase yang panjang pasti akan membuat karakter riding yang berbeda dengan generasi sebelumnya. apalagi sekarang performanya lebih baik.

PERFORMA

apakah hanya kontruksinya saja yang baru? tentu tidak, nama all new ini juga nampak pada dapur pacunya berbeda jauh dengan sebelumnya. walaupun secara konstruksi hampir sama dengan yang sebelumnya. akan tetapi desain mesin ini berbeda. nampak pada air boxnya, pindah dari bawah jok ke bawah tangki untuk versi all new ini.

ini menjelaskan kenapa tangkinya lebih kecil. karena tangki yang agak ke atas serta body juga menghadap ke atas. itu juga menyebabkan aliran udara lebih besar serta lebih lurus lagi masuk ke dalam silinder mesin efeknya sekarang tenaganya jauh lebih besar.

mesin ini menghasilkan tenaga 38,2 dk pada 12.500 rpm. dan torsi maksimum 23,5 Nm pada 10.000 rpm. artinya mesin ini menghasilkan tenaga lebih besar 6,8 dk dari generasi sebelumnya. padahal bobotnya lebih enteng sekitar 7kg, sudah pasti performanya jauh lebih prima.

DESAIN

secara performa dan secara handling motor ini akan menawarkan sensasi berkendara yang pastinya sangat berbeda. tapi bagaimana dengan desainya?

kita bisa langsung lihat motor ini menawarkan sentuhan yang juga berbeda. mulai dari bagian depan  firingnya. memang lampu masih sepasang tetapi yang membuat cir khas yaitu lampu sudah menggunakan LED serta lampu belakang juga sudah menggunakan LED. hanya lampu sein masih menggunakan bohlam.

 

lalu di bagian stang juga masih menggunakan setang yang masih di atas shock, mungkin posisi riding nanti tidak akan terlalu sporti  seperti motor 250 cc yang setangnya sudah under shock. motor ini pasti akan lebih ramah untuk anda yang memiliki postur yang tidak terlalu tinggi.

pada motor ALL NEW ini model ABS, menggunakan desain cat yang berbeda. dibagian firing catnya timbul seperti 3 dimensi, mereka menyebutnya cat MDP (magnetic Desain Paint).

First Impression Review All New Kawasaki Ninja 250 2018

SUSPENSI dan KAKI-KAKI

mendukung performa mesin yang lebih tinggi ternyata kawasaki juga merancang bagian kaki-kaki.  hanya saja bagian suspensi depan belum upside down, masih teleskopik. namun suspensi depan ini lebih besar dari sebelumnya yakni 41 mm klo yang sebelumnya hanya 37 mm.

dibelakang masih menggunakan suspensi Bottom Link Uni-Trak, dan sepertinya di bagian dalam sasis ini juga berbeda dengan sebelumnya. karena ada semacam susframe alumunium. mungkin ini yang menyebabkan bobot motor ini lebih ringan.

dengan kedua suspensi tersebut motor ini memasangkan pelek desain yang berbeda tetapi dimensi tetap sama 17 inch  didepan lebar pelek 3 inch sera di belakang 7 inch. dibalut dengan ban depan 110/70-17 M/C 54H dan belakang 140/70-17 M/C 66H.

SPESIFIKASI

Mesin
Tipe Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin, DOHC, 8 valves
Kapasitas 249cc
Daya Maksimum 28.5 kw (39 PS) / 12,500 rpm
Torsi Maksimum 23.5 Nm / 10,000 rpm
Diameter X Langkah 62.0 mm × 41.2 mm
Rasio Kompresi 11.5: 1
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Starter Electric
Transmsi 6-speed, return shift + assist & slipper clutch

 

Bodi
Dimensi (P x L x T) 1,990 mm x 710 mm x 1,120 mm
Berat 167 kg
Tinggi Tempat Duduk 785 mm
Jarak Terendah ke Tanah 140 mm
Jarak Sumbu Roda 1,405 mm
Kapasitas tangki 14 Liter

 

Rangka dan Kaki-Kaki
Rangka Teralis
Suspensi depan 41mm telescopic fork
Suspensi belakang Uni-Trak® single-shock system with 5-way preload
Ban Depan 110 / 70R17 M / C 54H
Ban Belakang 150 / 60R17 M / C 66H
Rem Depan Single semi-floating 310 mm petal discs
Rem Belakang Single 220 mm petal disc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here