Review All New Honda CBR250RR 2018 – Motor Sport Honda 250 cc memang bukan barang baru di indonesia. karena pada tahun 2011 lalu honda menghadirkan generasi honda cbr namanaya honda CBR250R. anda mungkin masih ingat cbr yang bentuk lampunya single headlamp. keumdian tahun 2014 hadir dengan lampunya sepasang.

secara desain beda, akan tetapi kontruksinya masih mirip. seri All New ini totaly new karena honda banyak menanamkan fitur-fitur soprt tulen di motor ini. salah satunya adalah mesin baru mesin baru ini  2 silinder, tidak seperti yang lama 1 silinder. mesin ini menghasilkan tenaga 36.6 hp dan torsi 23.3 Nm terbesar dikelasnya saat ini.

ditambah lagi beberapa komponen pendukung yaitu garpu depan, yaitu inverter telescopic upside down. dan lengan ayun belakang yang menggunakan alumunium. sedangkan bodynya sendiri didesain lebih kompak. sehingga motor ini di jamin bisa memeberikan anda kontrol mengemudi yang leebih baik. baik pada saat trak lurus atau menikung  pada kecepatan tinggi.

selain mesin baru yang bertenaga karena memang sudah DOHC masing masing silinder mempunyai 4 katup jadi total 8 katup.

sistem elektronik dari mesin ini juga canggih karena hodan sudah menerapkan sistem Throttle by Wire. jadi Throttle by Wiretidak ada hubungan mekanis antara grip gas dengan skep gas di mesin. jadi grip gas ini hanya sebagai input menggerakan motor elektronik yang ada di skep mesin ini.

hati- hati buat anda yang sudah membeli motor ini karena jagnan terlalu bersemangat saat cuci motor , terutama saat menggunakan steam motor, terutama pada bagian grip gas. jangan di semprot terlalu ekstrim yang di takutnkan merembes dan masuk ke dalam throttle by wire ini.

Fitur Teknologi

sistem elektronik ini juga di lengkapi dengan riding mode. jadi secara elektronik motor akan memberikan seting terhadap maping dari bahan bakar dan pengapian untuk di sesuaikan dengan keinginan para pengendaranya. ada 3 riding modes yang disediakan pada motor ini yaitu riding modes comfort, sport, dan sport+.

anda dapat mengatur riding modes tersebut dari tombol handle bar sebelah kiri. saat menseting riding modes ini bisa saat berjaan akan tetapi anda harus menutup skep gas terlebih dahulu supaya bisa berganti riding modesnya. pada saat anda membuka gasnya riding modes belum berubah, ECU akan menunggu saat Throttle menutup dulu baru riding modes akan berubah.

Instrument speedometer ALL NEW CBR250RR ini sudah full digital. selain angka penunjuk kecepatan, tersedia tachometer digital diatas dengan 5 shiftlig diatasnya. tersedia juga indikator suhu, bahan bakar serta jam. ada juga indikator riding modes serta indikator perindahan posisi gigi. tidak ketinggaln ada multi information display yang menampilakan oddometer, trip A dan B, real time dan average fuel consumption, serta sisa bahan bakar dalam tanki.

mengimbangi mesin yang udah kenceng ini, tentu harus ada piranti pengereman yang mumpuni. jadi di bagian depan ada cakram serta belakangnya pun sudah cakram dengan sistem ABS. memang ada varian type yang tanpa ABS. selain itu komposisi ban tidak terlalu berubah seperti yang lama. karena ban depan menggunakan 110/70 ring 17 di belakang menggunakan140/70 ring 17.

selain itu anda bisa lihat pada bagian body keseluruhannya keren banget. ini memang bisa dibilang revolution desain dari CBR. lampunya sudah menggunakan LED baik depan maupun belakang. pada bagian lampu depan putih semua yang bagian atasnya DLR untuk siang hari. lampu DLR itu bisa berubah menajdi lampu sein apabila menyalakan lampu seinnya.

Honda juga menyisipkan aksesoris tambahan seperti winglet pada bagian  bawah . bicara akomodasi  jelas ini adalah sebuah motor sport anda tidak bisa membawa barang lebih apapun. tetapi ada sedikit space kecil di bagianbaw jok belakang

Review All New Honda CBR250RR 2018

Riding Position

dibandingan dengan generasi CBR sebelumnya CBR250RR ini punya riding posisi yang lebih menunduk. tentu karna karakter stang yang berbeda. kini stang jepit diposisikan underyoke yang membuat posisi riding lebih sporty. memang lebih nikmat saat sensai mengendarai motor sport ini, namun pastinya bikin pegaal saat riding jarak jauh.

meski berkarakter sporty, suspensi yang awalnya cukup keras ternyata lebih pas, bantingan upside down ukuran 37 mm ini sempurna meredam guncangan jalan. suspensi belakang pro link juga cukup moderate. tidak terlalu keras, dengan setelan kedua yang empuk dari lima setelan terbeban yang ada.

asiknya motor ini lebih ramping sehingga moto ini lebih enteng saat di liku-liukan. padahal bobotnya tidak terlalu berbeda masih di bawah 170 kg. desain tangki tampak berpengaruh. karena lebih kecil mengkrucut di bagian belakang. tangki berbahan logam ini dengan aksem plastik di atasnya ini bisa menampung 14,5 liter bahan bakar. dengan desain seperti ini rider bisa lebih erat mengapit tangki, dan memberi kelulasaan saat berpindah posisi saat membelok.

SPESIFIKASI

Mesin
Tipe 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder, Liquid Cooled With Auto Electric Fan
Kapasitas 249.7 cc
Diameter X Langkah 62.0 x 41.4 mm
Rasio Kompresi 11.5 : 1
Throttle System Throttle-By-Wire System with Accelerator Position Sensor
Sistem Bahan Bakar PGM-FI
Starter Electric
Transmsi 6 Speed (1-N-2-3-4-5-6)

Bodi
Dimensi 2.060 x 724 x 1.098 mm
Jarak Sumbu Roda 1.389 mm
Jarak terendah ke tanah 145 mm
Tinggi Tempat Duduk 790 mm
Kapasitas tangki 14.5 liter

Rangka dan Kaki-Kaki
Rangka Diamond frame
Suspensi depan Up Side Down
Suspensi belakang Aluminum Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System)
Ban Depan 110/70 – 17 54S
Ban Belakang 140/70 – 17 66S
Rem Depan Hydraulic Disc,Dual Piston
Rem Belakang Hydraulic Disc, Single Piston

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here