REVIEW MOTOR TERKECIL DARI SELURUH JAJARAN BMW MOTORRAD G310R – BMW G 310 R adalah baby motorrad, karena ini merupakan motor terkecil dari BMW MOTORRAD. kenapa di sebut baby? karena kapasitas mesinnya yang paling imut dimensi terkecil dan bobot paling ringan. jadi terasa enteng sekali tidak terlalu beda dengan rata-rata  motor berkapasitas 250cc yang beredar di pasaran indonesia.

nampak pada tankinya saja yang kecil hanya mampu menampung kapasitas 11 liter saja. tapi motor ini punya karakter  dan basis desain dari BMW MOTORRAD. mirip dengan kakak-kakaknya big bikenya BMW. seperti pada suspensi upside down berwarna gold yang katanya merupakan ciri khas Big Bike BMW.

pada suspensi Upside Down ini memiliki Mata kucing khas motor eropa, ini merupakan standar safety dari motor- motor yang ada di eropa.  di kaki- kaki Upside down  ini tertanam single disc brake 300 mm. tapi terpasang radial di padu dengan 4 piston dari BYBRE serta disc brake belakang single ukuran 240mm satu piston saja.

lalu ciri khas dari BMW yang lain adalah bagian BAN yang sangat gemuk. di bagian depan Ban dengan ukuran 110/70 ring 17 serta di belakang dengan ukuran 150/60 ring 17. mengambil tema motor sport harian untuk riding di perkotaan Desain motor ini cukup agresif. nampak visual dari tanki dari lampu hingga buritan yang cukup tajam Desain motor berkesan Agresif.

motor ini nampak tidak terlalu moderat,terlihat dari lebar setang yang hanaya 849 mm saat di tunggangi posisi rider tidak terlalu nunduk tapi juga tidak terlalu tegak jadi buat city riding motor ini sangant enak sekali. dipadu dengan jok yang tinggi 785 mm.

tidak terlalu banyak fitur yang di tanamkan BMW G 310 R ini. selain fitur ABS yang jadi standar safety BMW motorrad BWM G310 R tidak terlalu banyak fitur yang fensi. swicth di handle tampak cukup sepi, tidak ada switch hazard ataupun riding mode, akan tetapi Speedometer yang sudah DIGITAL dan Multi Infomrasion Display (MID).

layaknya motor sport jok bisa di buka melalui kunci sebelah kiri bawah.  di bawha jok tidak banyak space hanya ada kotak kecil untuk menaruh tool set bawaan bmw.

REVIEW MOTOR TERKECIL DARI SELURUH JAJARAN BMW MOTORRAD G310R

dengan suaara khas mesin satu silinder, saat digeber pun  suara mesin tergolong sangat halus. bahkan saat mesin di geber samapi red line sekalipun mesin nampak masih halus sekali. getaran dari mesin pun ternyata masih halus juga. hal ini yang cukup mengkagetkan, karena saat motor di jalankan, getaran mesin cukup berbeda dari rata-rata mesin satu silinder. malah nampak seperti getaran mesin 250 cc mesin 2 silinder.

karakter mesin 1 silinder ini masih terasa sejak 3000 rpm, sehingga melahap tanjakaan terjal pada sekitar 20 -30 km/jam bisa di geber pada posisi gear 3 sekalupun. mesin ini patut di acungi jempul karena torsi serta tenaga seperti satu silinder akan tetapi halus yang diberikan mesin ini seperti 2 silinder. panas mesin juga cukup moderat, tidak langsung menerpa bagian paha.

saat riding suspensi terasa cukup empuk cukup nyaman untuk city riding, yang pasti suspensi nya bikin motor terasa stabil sekali. dengan ban micellin menyediakan grip yang maksimal sehingga motor terasa enteng dan lincah tapi tetap stabil.

jadi jika anda ingin membeli ini merupakan motor yang cocok, karena karakternya yang halus , serta tenaga yang sangat terasa di sekitar 3000-4000 rpm. torsinya sudah nendang tidak perlu terlalu menggeber untuk melibas tanjakan yang sangat tinggi. uniknya getaran mesin sangat halus layaknya mesin berkapasitas 2 silinder, mungkin tidak sperti 2 silinder namun untuk kelas bermesin satu silinder mesin ini jauh dari rata- rata untuk mesin yang satu silinder. ini bisa menjadi entry level kelas diatas 250 cc, atau bisa menjadi tunggakan seblum menunggangi  big bike.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here