REVIEW  Kawasaki  Z650 pengganti ER-6n 2017 first ride – Sudah cukup lama Kawasaki ER-6n hadir di Indonesia. Motor Kawasaki ER-6n ini adalaha entry level bike dari kawasaki 650 cc, dengan dua silinder konfigurasinya mirip dengan ninja. motor Kawasaki ini best selling di indonesia, akan tetapi ER-6n ini sudah dapat tidak di temui lagi.

Sebagai gantinya Kawasaki menghadirkan Z650, Kawasaki Z650 memang di desain khusus oleh kawasaki untuk menggantikan ER-6n. seperti kita lihat, roh ER-6n memang sedikit nampak pada motor kawasaki Z650 ini. akan tetapi sebenranya motor ini jauh berbeda. baik dari segi desain maupun rancang bangunnya.

secara desain motor baru ini mereka mengatakanya super naked, sudah mengadopsi  desain sugoni atau bahasa desain kawasaki terbaru. tampak berbeda mulai dari lampu, tangki bagian britan, termasuk bagian rangkanya pun berbeda. initnya ko ada ingin naik  big bike ini adalah option untuk anda.

DESAIN

kita coba cermati bahasa desain sugomi dari kawasaki Z650 ini.  nampak di depan lampunya sudah jauh berbeda dari sebelumnya, sekarang nampak lebih ramping, lampu ini meingatkan dengan generasi kakak-kakaknya  Z800 atau Z1000. sedikit berbeda lagi bagian depan lebih ramping lagi karena tidak ada lagi bungkus shockbreaker depan telescopic  41 mm. beda dengan ER-6n yang ada bungkusnya yang kelihatanya lebih tebal. namun keseluruhan kaki-kaki tidak jauh berbeda.

pada bagian setang nampak lebih ramping, tidak terlalu melebar cocok untuk riding dalam kota. dengan bobot 187 kg dibanding ER-6n yang diatas 200kg, ini jauh lebih ringan. kapasitas tangki 15 liter, desain tangki sedikit lebih tebal dan agak besar di belakangdesan ini lebih enak di lihat tidak seperti ER-6n yang agak berpunduk.

pada bagian jox cukup rendah, saat di duduki posisi riding cukup nyaman, walaupun tangki yang cukup besar, tapi di bagian ujungnya kaki mampu menjepit. pada bagian buritan ada chiri khas Z-series, yaitu lampu yang memebtuk huruf z

Dari segi desain berubah, mempengaruhi juga bagian dalam konstruksi yang ikut berubah, tidak tampak shockbreaker belakang di bagian sisi, sasis pun berbeda memang masih turbular akan tetapi sekarang shock breaker ada di tengah.

 sementara komposisi kaki-kaki masih terlihat sama. nampak ban depan lebar 120/70 mm serta belakang 160/60 mm dengan masing-masing ring 17 . banya dunlop sportmax. dibagian sektor pengereman KAWASAKI Z650 ini di bagian depan menggunakan double disk break Semi-Floating 300 mm, serta di belakang juga menggunakan singel disck break 220mm keseluruhannya sudah ABS.

untuk mendapatkan Kawasaki Z650 ini, kawasaki telah menawarkan Harga yakni Rp 160 juta  OTR jakarta.

tidak seperti ER-6n pada shockbreaker belakang posisinya agak menyamping, pada kawasaki Z650 ini, rombakannya cukup besar dengan menaruh Suspensi belakangnya di tengah jadi tidak nampak sekali. sementara lengan ayun masih Semi banana, tetapi tidak berbentuk pipa sepasang. kali ini dengan bahan alumunium tp tidak berbentuk pipa.

REVIEW  Kawasaki  Z650 pengganti ER-6n 2017 first ride

RIDING DAN PERFORMA

di bagian dapur pacu ini, mirip dengna ER-6N konstruksinya tidak terlalu berubah, dengan tenaga 67DK (68PS) / 8000 rpm dan Torsi Maksimum 65NM /6500 rpm. mesin ini ada beberapa penyempurnaan seperti Airboxnya, kenalpotnya, konfigurasi Exsausnya berbeda dengan ER-6n. dan sekarang sudah Euro 4 selain itu perofrma mesin ini di padu dengan slipper clutc.

Kawasaki Z650 ini dibekali panel instrumen dengan panel  full digital. tampak canggih karena kecepatan tampak digital. tachometer pun digital tapi dengan tampilan semi analog dengan red 10.000 rpm. memang belum ada riding Mode, tetapi anda bisa mengakses odometer trip A dan B memaluli tombol kiri, lalu ada tombol MID untuk menset jam, fuel konsumsi dan sisa jarak yang di tempuh di sebelah kanan.

memang tidak banyak fitur elektronik yang di tanamkan pada Kawasaki Z650 ini, jika di setang kanan hanya ada tombol stater serta switch, di sebelah kirir seperti biasa ada tombol sein, lalu layaknya moge ada tombol Hazard lalu tombol jauh dekat lamp, serta tombol dim atau passing lamp dan tentunya tombol klakson.

memang beda rasanya, pantaslah kalo kawasaki Z650 ini bisa dikatakan penganti kawasaki ER-6N. motornya jauh lebih enteng. riding position juga terasa lebih ramping. stang yang mengkrucut dan pendek serta tangki yang gemuk membuat nyaman dipeluk saat riding, di bagian belakang yang ramping makin gampang bermanufer.

sedangkan tenaga terasa padat diputeran tengah, motor masih terlihat responsif motor di track lurus bisa dapat 18 km/jam. asiknya slipper cluct sangat membantu saat akselerasi, motor mudah sekali di kontrol saat mengerem serta downsift, karena engine break tidak terlalu kuat. sehingga bagian belakang  motor tetap terasa jinak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here