Review Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan Toyota All New Rush 2018 – Ditengah-tengah merebaknya trends model berbasis hatchback / sedan, Toyota tetap konsisten menghadirkan Rush dengan konsep dasar SUV. Mengedepankan unsur ketangguhan, dipadu driving performance dan desain memikat, tentunya. Hal yang coba diperlihatkan Toyota kepada rombongan media nasional dan regional saat mengikuti sesi test drive All New Toyota Rush di Malang – Surabaya, 9 – 10 Januari 2018.

Sebagai small SUV / SUV perkotaan, Toyota All New Rush menjadi pesaing bagi Daihatsu Terios, Honda BRV, dan Ford Ecosport. Sebagai merk sejuta umat, hampir dapat dipastikan bahwa Toyota All New Rush dan Daihatsu All New Terios akan mendominasi pasar di segmen ini.

Saya sempat menanyakan perihal konsep ini beberapa tahun silam ketika usia produk Rush sudah mencapai batas umum siklus pergantian model, yaitu 5 – 7 tahun. Dan jawaban saya dapatkan adalah: “Survei menunjukkan bahwa konsumen Rush justru tidak menginginkan perubahan apapun.”

Waktu berjalan dan jawaban atas konsep Rush ditampilkan PT Toyota-Astra Motor pada 23 November tahun silam. Melihat tampilannya sekilas, kesimpulan awal saya dapatkan adalah Toyota berusaha menggabungkan dua unsur utama: modernisasi Rush tanpa menghilangkan unsur toughness.

Hal paling krusial dalam menggabungkan kedua karakter tadi adalah pada sektor pengendaraan. Sudah menjadi kesepakatan umum kalau pengendalian Rush lama berada satu tingkat dibawah rival-rival sesama SUV 1.500cc berharga Rp 250 jutaan.

Eksterior Toyota All New Rush

Di tahun ini, Toyota All New Rush sudah meninggalkan desain lama yang sudah dijual sejak 2007. Kini modelnya hadir dengan perombakan total menjadi lebih modern dan futuristik. Sekilas, mobil ini terlihat seperti Mitsubishi Xpander yang dikategorikan sebagai MPV bergaya SUV. Bahkan, lekukan Toyota All New Rush terlihat lebih halus daripada Mitsubishi Xpander yang terlihat tajam, sehingga terlihat bahwa Mitsubishi Xpander tampak lebih cocok menjadi SUV.

Dilihat dari depan, Toyota All New Rush tampak menarik. Grillnya sangat lebar dengan finishing berwarna dark chrome dan terlihat menyambung dengan sepasang headlamp nya yang sipit dan sudah mengadopsi lampu LED dan dilengkapi dengan dengan DRL LED sehingga tampak mewah. Sepasang foglamp bulat di bagian bawah juga turut disematkan untuk menembus kabut dan hujan lebat. Di bagian bawah terdapat tambahan aksesoris berupa Front TRD Underguard berwarna silver yang memberikan kesan sporty.

Beralih ke bagian samping, terlihat perubahan mencolok dari bentuk bodynya. Toyota All New Rush yang dulunya mengkotak kini terlihat lebih dinamis. Ditambah dengan penggunaan velg 17 inch dengan balutan ban 215/60 R17 pada keempat rodanya, membuatnya semakin sporty. Untuk varian G masih menggunakan velg 16 dengan ban 215/65 R16. Untuk mengimbangi bentuk body yang dinamis, overfender yang dipasangkan kini terlihat lebih minimalis, namun masih memberikan kesan gagah. Side moulding juga terlihat minimalis yang dipasangkan di bagian bawah pintu samping. Kini, tak terlihat lagi side footstep pada Toyota All New Rush.

Interior Toyota All New Rush

Selain bagian eksterior, sisi interior Toyota All New Rush juga mendapatkan perombakan menjadi lebih segar. Interiornya dihadirkan dengan warna hitam dan aksen silver serta tambahan aksen kulit dan soft touch di bagian dasbor. Selain desain, fitur-fitur yang yang disematkan juga lebih lengkap. Head unit yang diusung menggunakan layar sentuh berukuran 7 inch dengan internet, multitasking support, bluetooth, ipod/iphone connectivity, weblink, dan smartphone remote app. Tentu saja head unit dapat dikendalikan dari steering wheel audio control switch dan AC pun sudah menggunakan auto digital. Instrumen Speedometernya tampak modern dan futuristik dengan MID dan ECO mode. Tilt steering juga dibekalkan untuk mengatur posisi stir naik-turun. Selain itu, power outlet 12 V juga tersedia di setiap baris dan tersedia juga 8 speaker yang tersebar di seluruh kabin. Hebatnya lagi, terdapat 6 SRS Airbags di seluruh kabin untuk semua varian. Sangat wah untuk SUV dibawah 300 juta rupiah.

Review Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan Toyota All New Rush 2018

Performa Mesin dan Handling Toyota All New Rush

Toyota All New Rush dibekali dengan mesin baru 2NR-VE Dual VVT-i DOHC berkapasitas 1.5L. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 104 PS pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi puncak sebesar 136 Nm (13.9 kg.m) pada putaran mesin 4200 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Meskipun tenaga mesin baru ini lebih kecil dari mesin lawas (3SZ-VE), mesin baru ini diklaim memiliki efisiensi yang lebih baik dalam mengolah bahan bakar. Dengan penggunaan penggerak roda belakang (RWD), diharapkan Toyota All New Rush dan Daihatsu All New Terios lebih tangguh dalam tanjakan dan lebih awet.

Meskipun keluarga Rush dan Terios dikenal memiliki handling yang buruk dan kenyamanan yang kurang, desain body baru yang lebih dinamis ini diharapkan memberikan handling yang lebih baik. Namun, tak perlu berharap banyak mengingat mobil ini adalah sebuah SUV terjangkau dengan ground clearance yang tinggi, mencapai 220 mm. Selain itu, faktor kenyamanan tentu akan lebih baik dari generasi sebelumnya, khususnya keluaran awal yang suspensinya terkenal ajrut-ajrutan.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Rush

Kelebihan:
– Konsumsi BBM lebih efisien
– Ruang kabin cukup lega
– Fitur multimedia lengkap
– Fitur keselamatan lengkap
– Sparepart terjamin
– Perawatan mudah dan murah
– Ground clearance tingg
– Handling dan kenyamanan membaik
– Desain fresh dan modern
– Brand image Toyota
– Harga baru terjangkau

Kekurangan:
– Tenaga mesin lebih kecil dari sebelumnya (di atas kertas)
– Transmisi jadul
– Body cukup bongsor dan kurang praktis
– Handling masih kurang untuk ukuran urban SUV

Harga Toyota All New Rush

Toyota All New Rush G M/T Rp 239.900 000,-
Toyota All New Rush G A/T Rp 249.900.000,-
Toyota All New Rush TRD Sportivo M/T Rp 251.300.000,-
Toyota All New Rush TRD Sportivo A/T Rp 261.300.000,-
Harga OTR Jabodetabek, per Januari 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here