Review  Yamaha New Fino 125 Blue Core 2016 –Yamaha kini Memberikan penyegaran kepada produk skuter matik bergaya retro andalanya yamaha fino. perubahan terbesar ada pada sektor mesin, yang kini mengusung kapasitas 125 cc. lebih besar dari pendahulunya yang berkapasitas hanya 115 cc saja.

kini yamaha fino memiliki nama yang sedikit lebih panjang yakni yamaha New Fino 125 Blue Core. seperti apa perubahan yang diberikan yamaha new fino ini kemudian performanya saat dipakai sehari hari mari kita ulas bersama.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai teknis mesinya yang 125 cc itu kemudian beberapa fiturnya. mari kita simak bagaimana Desain keseluruhan yamaha fino terbaru ini.

pada lapisan kulit jok yang berwarna coklat ini menambak kesan keren pada motor matik ini. saat diduduki terasa nyaman karena desain jok yang lebar mengikuti bentuk bodi yang membulat. saat riding jarak jauh pun tidak langsung terasa pegal.

pada body sampingnya terdapat emblem “fino” yang menonjol dipadu dengan warna crom menambah kesan clasick pada motor ini. pada bagian kompartemen depan ini anda akan menemukan dua bagasi kecil.

salah satu bagian menarik dari new fino ini dek kakinya, karena saat ridinng pijakan sangan leluasa, Meski mengusung mesin dan rangka baru, tapi desain yang diusung Fino 125 tak berubah. Satu satunya yang baru hanya emblem Blue Core yang menjadi teknologi pada mesinnya. Sedang warna dan grafisnya ada dua konsep besar yaitu Stylish dan Sporty.

 Dibekali teknologi Blue Core, mesin 125 cc yang diusung Fino 125 diambil dari Yamaha Mio M3. Keduanya sama-sama pakai forged piston yang dipadukan dengan Di Asil cylinder. Dibikin minim gesekan, lewat aplikasi roller rocker arm dan offset cylinder.

Injeksinya, pakai throttle body 24 mm yang hanya diisi TPS (throttle position sensor), enggak ada lagi sensor suhu dan tekanan udara seperti generasi teknologi injeksi YMJet-FI. Untuk mengoreksi kondisi pembakaran menggunakan sensor O2 di lubang buang.

Review  Yamaha New Fino 125 Blue Core 2016

Agar berkendara bisa lebih irit, Fino 125 juga dibekali Eco Indicator di spidometer. Kerjanya dengan membaca dari putaran mesin dan bukaan TPS. Kendati mesin persis dengan Mio M3, namun tetap ada bedanya. Yaitu pada roller CVT. Fino pakai 11 gram, sedang Mio M3 12 gram, efeknya akselerasi lebih cepat.

Fitur barunya ada Advance Key System dengan Answer Back dan Auto Open Key Shutter. Pencet tombol di anak kunci sekali maka suara alarm akan berbunyi dan lampu sein menyala, sehingga lebih mudah menemukan skutik bergaya retro modern ini di parkiran.

Kemudian tahan tombol lebih lama, maka alarm berbunyi sekali dan sein juga menyala kemudian penutup lubang kunci akan langsung terbuka, diikuti dengan lampu LED yang menyala menerangi lubang kunci. Keren ya! Bagasinya kini lebih lega, kapasitasnya 8,7 liter cukup untuk menampung jas hujan serta beberapa perlengkapan lainnya. Sayang headlamp LED yang sudah ada pada versi Thailand urung dibawa ke Indonesia.

Performa & Konsumsi Bensin

Putar kunci kontak dan tekan tombol starter, suara mesinnya halus dan minim getaran. Mengusung ruang bakar lebih besar, sudah seharusnya lebih cepat ketimbang model lamanya. Dan benar saja, mesin yang diklaim memiliki power 9,3 dk @ 8.000 rpm ini terbukti lebih responsif saat dites pakai Racelogic.

Respons awal dari diam mencapai 60 km/j lebih singkat 1 detik. Jika Fino 125 hanya 7 detik, Fino sebelumnya butuh 8,3 detik. Di putaran atas, mencapai 402 meter butuh 21,8 detik, sedang Fino lama yang masih pakai mesin 115 cc menghabiskan waktu 23,7 detik. Top speed-nya, saat spidometer mencapai angka 110 km/j, Racelogic yang OTOMOTIF pakai menunjukan 98,8 km/j. Khusus top speed beda tipis dengan Fino lama, tapi bedanya bisa diraih di jarak yang lebih pendek.

Sedang konsumsi bensinnya, tembus 47,6 km/liter hasil rata-rata dalam tiga kali pengentesan full to full. Digunakan sehari-hari melewati kemacetan hingga gaspol saat ketemu jalanan kosong. Jika tangki penuh 4,2 liter, bisa dipakai jalan-jalan hampir 200 km!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here