Motor yang satu ini lumayan simple, yaitu dari motor scorpio keluaran tahun 2013, dan tidak pakai waktu lama, motor ini langsung saja untuk di trondolin hari itu juga untuk mememulai modifikasi, untuk motor ini kurang lebih dikerjakan selama 1 minggu, untuk rubahan simple saja, bergaya tracker, dan agak tinggi, kenpa di tinggiin, karna motor ini untuk motor di SAC Di bali.

Sedikit pengetahuan info, SAC juga membuka cabang di Pulau dewata yaitu Bali.

Untuk perubahan seperti apa motor ini, merubah sangat lah simple untuk SAC, minimalis tapi tetap saja bahan yang digunakan part-part yang berkualitas dan juga detail detail yang berkualitas.

Motor ini menggunakan ranggal bolt on buatan SAC yang sekarang sudah di jual bebas, cara pemasangan nya dan settingan nya adalah, pertama-tama adalah potong dulu dari ranggak tengah kebelakang setelah itu setting menggunakan watter pass rangka, tetapi sebelum di potong cek dulu ranka masih bagus atau tidak nya menggunakan watter pass, kemudian busing nya di las jika rangka nya sudah selevel dengan rangka yang ingin di pasang.

Untuk kaki-kaki tidak banyak di rubah SAC hanya merubah velg standart scorpio dengan Velg Jari-jari, dan Ban Sinko SR241 dual purpose, serta memperpanjang swing arm original bawaan scorpio kurang lebih 6cm.

Untuk motor ini terpaksa spakboard depan, belakang  dan box kelistrikan menggunakan Alumunium karena mengejarwaktu agar tidak dipending, pengerjaan alumunium agak beda dari pengerjaan plat, karna tingkat kepadetan dari alumunium ini, cuman enak nya tidak perlu di cat tidak karatan.

Khusus untuk spakboard depan posisinya di buat menggantung di tengah atau di segitiga bawah, supaya nuansa konsep trackernya berasa banget, untuk bagian skiplat konsepnya adalah model baut, pertama karna alat untuk pengelasan alumunium tidak ada dan berinisiatif untuk membuat dan menggabung menggunakan baut hasil nya bagus juga ternyata.

Selanjutnya adalah setting selengser motor, karna motor ini bisa di bawa main main kepantai, jadi selengser kenalpotnya dibuat keatas seperti model trail jadul dan juga terkesan srambler banget, untuk melindungi kaki dari panasnya kenalpot karna naik keatas makanya juga dibuat ornamen body alumunium untuk cover body leher kenalpot, prosesnya juga simple dan mudah tapi butuh ketelitian dan kesabaran.

Ornamen body lainnya adalah pembuatan pet headlamp modelnya seperti yang biasa di buat pada motor-motor motor trackerlain nya atau sebelumnya, tetapi kali ini bahannya menggunakan alumunium, kemudian menambahkan ornamen body kelistrikan yang akan di tambahkan dengan alumunium pada samping kanan-dan kirinya, prosesnya hanya melobangi dan membentuk sesuai corak yang di mau kemudian membentuk sesuai dengan box kelistrikan dan diperhalus menggunakan kikir.

Pembuatan selanjutnya adalah pembuatan tengki motor, untuk tengki motor masih membuat menggunakan bahan plat galvanis dengan ketebalan 1mm. hal ini karana masih tidak ada untuk pembuatan pengelasan untuk bahan almunium, dan bentuknya bergaya tracker jadul.

Proses pebuatan body trakhir adalah pembuatan plat jok, bahan plat jok menggunakan bahan tebal 1,2mm, yang dibentuk sesuai bentuk rangka motor kemudian di tekuk sesuai tekukan rangkanya, kemudian bagian bagian pinggiran atau ujung plat ini diperhalus.

Setelah semua pengerjaan body, selanjutnya adalah proses pengerjaan pengecetan rangka dan tengki motor, rangka motor di berikan warna hitam glos, bagian mesin di buat warna silver agar terlihat bersih.

Body-body berbahan alumunium juga diperhalus menggunakan gerinda amplas yang di akhiri dengan amplas manual, body alumunium ini finishingnya hanya sampai tahapan tidak di poles sampai mengkilat karana agar terlihat sedikit nakal dengan menampilkan bahan alumuniun yang hanya di amplas.

sedangkan untuk tengki motor prosesnya melewati tahap pendempulan dan penghalusan supya mendapatkan hasil cat yang maksimal, untuk warna diberiakn warna green glos yang hanya menampilkan grafis airbrush yang sangatlah sederhana dan klasik, serta tidak lupa memberikan Logo SAC di kiri dan kanan tengki. dan setelah semua sudah tinggal di rakit saja .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here