Honda RC213V-S First Ride Review – Salah satu motor yang paling kenceng di indonesia. bukan hanya superbike tetapi memang langsung di turunkan dari andalan Marc Marques dan dani pedrosa yang ada di Moto GP.

Motor supersport berperforma tinggi dihadirkan di Indonesia sebagai rangkaian kegiatan yang akan digelar PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringannya di sejumlah daerah bertajuk ‘Track Day Honda CBR’.

Honda RC213V-S ini memang Moto Gp yang di kasih lampu dan sein sehingga bisa di gunakan di jalan raya. Honda RC213V-S ini memang langsung di turunkan dari motornya marc marques yg di Moto Gp .

sejak tahun 2010 Honda memang telah mengeleuarkan type terbaru mereka. namanya RC 213V dimna nama tersebut memiliki makna RC yakni 4 stroke, 21 yakni abad  21  centuri atau milenium, 3 ini mengacu pada generasi ke 3, sedangkan V merupakan Type mesin.

motor ini tiruannya motor marc marques akan tetapi ada beberapa perubahan, yang sangat nampak pada motor ini adalah sangat layak untuk di kendarai dijalan raya. misalnya mulai dari lampu depan lampu belakang sipon dan sein udah disematkan di motor ini tidak lupa juga ada standar.

selain dari pada itu motor ini mulai dari mesin hingga rangkanya sangat persis sekali dengan yang di tunggangi marc marques di ajang moto gp. mesinnya sama persis 1000cc V4 dengan tenaga 156 dk dan bobot motor ini hanya 170 kg.

bahkan dengan racing grid anda bisa naikan menjadi 215 dk itu sudah setara motor-motor yang diajang moto gp. hanya 250 unit yang dibuat honda, body semua sudah full carbon.  dibagian depan menggunakan shockbreaker Ohlins dibagian belakangnya pun menggunakan Ohlin yang bisa anda setel sesai keinginan. mengenai rem dibagian depan brembo dengan diameter 320 mm doubel disk serta single disk dibagian belakangnya.

Honda RC213V-S First Ride Review

dengan suspensi yang canggih serta rem yang baik itu anda dapat merasakan sensasi Marques saat ngebut, memang beda bahan dari rem motor ini dengan Moto Gp karena di Moto Gp menggunakan rem carbon, akan tetapi pihak honda meyakinkan jug performa pada rem ini juga sangat bagus.

Perbedaan mendasar di mesin hanya di mekanisme katup yang pakai per, sedang di MotoGP pneumatic, dan tentu saja transmisi bukan seamless.

Lalu race kitnya berisi nalpot, ECM (electronic control module), quick shifter, air duct, dry clutch cover, busi, data logger, shift drum, brake pad, adjuster brake lever, dan tatakan jok. Penambahan racing sport kit ini tenaga jadi 220 dk dari standarnya yang sekitar 175 dk dengan bobot basah hanya 180 kg, ringan banget setara motor 250cc!

Meski bisa di jalan raya dan bisa dapat plat nomor, sepertinya kalau punya motor ini sih bakal disayang-sayang deh. Yang jelas, kalau motor ini dibawa trackday di sirkuit dijamin bikin melotot pengguna motor lain!

Sebagai motor prototipe dari Honda RC213V, produk ini memiliki konfigurasi mesin serupa, yaitu mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled) dengan kapasitas 999cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 117 kW /11.000 rpm dan torsi 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar. Sistem pembakaran bahan bakarnya adalah PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dengan kapasitas bahan bakar 16,3 liter.

Lalu bagaimana dengan harga? AHM mengatakan berbeda-beda di setiap negara, disesuaikan dengan aturan batas emisi kendaraan. Tapi sebagai gambaran, untuk Amerika Serikat, produk ini dibandrol 184.000 dollar AS, sementara di Jepang 21,9 juta Yen, Australia 244.000 dollar Australia, dan Eropa 188.000 Euro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here