Review Indonesia The new Mercedes-Benz A200 Progresive Line In Depth – Mobil fenomenal yang berhasil membuat penjualan Mercedes-Benz meningkat tajam di Amerika dan Eropa akhirnya diluncurkan di Indonesia, jujur saja sedan kompak ini merupakan mobil yang kami tunggu-tunggu kehadirannya di Indonesia. Nah akhirnya majalahotomotif.net berkesempatan melihat langsung Mercedes-Benz A200 yang baru saja diluncurkan Yuk langsung saja kita bedah kehebatan Mercy ini.

Mercedes-Benz A200 memiliki basis yang sama dengan Mercedes-Benz A-Class, anda boleh saja menyebutnya sebagai A-Class sedan. Namun Mercedes-Benz menyebut mobil ini bukanlah sedan atau saloon seperti mobil-mobil kebanyakan, Mercedes justru menyebut mobil ini sebagai coupe 4 pintu karena bentuk atap belakangnya yang landai seperti sebuah Coupe.

Melalui gambar diatas, terlihat sekali pola bentuk atap bagian belakang yang menurun kebawah seperti sebuah coupe, pintu belakang juga terpapas karena bentuk atap yang rendah, sehingga untuk masuk ke kursi belakang kita harus sedikit menundukan kepala agar tidak terbentur atap. Uniknya meskipun terlihat atap belakangnya sangat rendah, ternyata ketika kami duduk di bagian belakang, kepala penumpang yang memiliki tinggi 170 cm tidak menyentuh atap.

Percaya atau tidak, meskipun mobil ini tidak terlihat streamline, Mercedes-Benz ini di klaim sebagai mobil paling aerodinamis di dunia. Ini karena desainer Mercedes-Benz mengoptimalkan setiap lekukan yang ada pada mobil ini mula dari bodi depan hingga bagian belakang.

Mercedes-Benz menyediakan A200 dalam 2 pilihan trim, yaitu A200 Urban dan A200 Sport. Untuk varian sport mendapatkan body kit AMG Line mulai dari bumper depan, belakang, hingga velg dan interior dengan bahan campuran antara kulit dan alcantara. Gambar diatas merupakan varian A200 Urban.

Lampu LED belakangnya terlihat sangat cantik ketika menyala, begitu pula dengan bentuk bodi belakangnya yang sangat aerodinamis ditambah bentuk ujung kap bagasinya yang juga berfungsi sebagai ducktail untuk menambah nilai aerodinamika yang baik dan bentuknya pun menjadi unik.

Review Indonesia The new Mercedes-Benz A200 Progresive Line In Depth

Spesifikasi Lengkap The new Mercedes-Benz A200

engine

Mercedes-Benz membekali A200 dengan mesin 1.600 cc 4 silinder saja, meskipun hanya 1.600 cc, tenaganya mampu menyamai mesin berkapasitas 2.000 cc dengan 156 Ps pada putaran rendah di 5.600 Rpm. Berbekal transmisi canggih 7G-DCT, Mercedes-Benz mampu berakselerasi dari 0 ke 100 Km/jam hanya dalam waktu 8.5 detik. Uniknya mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar sebesar 5.2 liter untuk menempuh 100 kilometer (19.2 Km/l), sangat irit!

Frameless door

Ketika membuka pintu Mercedes-Benz ini, wow ternyata pintu mobil ini sudah menganut model frameless door, sehingga ketika kaca mobil diturunkan penuh, kita tidak akan menemukan frame kaca seperti pada mobil kebanyakan. Untuk versi Sport line, kita akan mendapatkan pintu dengan lapisan doortrim dengan bahan alcantara. Gambar diatas merupakan varian Urban line.

Electric seat

Detailing pada door trimnya sangat rapi, mulai dari penggunaan bahan dan ornamen-ornamen tombol seperti pengatur kursi elektrik yang disematkan dalam door trim hingga power window dibuat sangat lembut ketika dioperasikan.

Steering Wheel

Masuk ke dalam kursi pengemudi, kita akan dengan mudah mendapatkan posisi mengemudi yang pas pada mobil ini berkat tilt and telescopic steering. Setir Mercedes-Benz model baru ini lebih nyaman digenggam dan memiliki model yang lebih sporty, apalagi jika kita meraba bagian belakang setir, kita akan menemukan paddle shift untuk mengganti gigi secara manual seperti layaknya mobil F1.

speedometer

Detailing yang diberikan pada mobil ini sangat rapih hingga ke bagian speedometernya. Kami mengira speedometer ini adalah speedometer full LCD screen, namun ternyata kami tertipu oleh penggunaan iluminasi lampu speedometer yang sangat rapi. Kita juga mendapatkan sebuah layar LCD sebagai MID (Multi Information Display) pada bagian tengah speedometer yang secara ukuran cukup enak dilihat.

Key

Sayagnnya Mercedes-Benz ini belum dilengkapi dengan start-stop engine, sehingga kita perlu memasukan dan memutar anak kunci khusus dengan desain unik khas Mercedes-Benz. Jangan bayangkan sebuah anak kunci dengan besi panjang seperti mobil pada umumnya, karena kunci Mercedes Benz ini tidak akan terlihat seperti kunci mobil biasa.

Centre cluster

Centre cluster dashboard Mercedes-Benz ini tidak ubahnya seperti Merecedes-Benz A Class, sebuah layar kecil berwarna di atas lubang AC memberikan segala informasi mulai kondisi mobil hingga untuk kebutuhan entertaintment. AC ventilation model bundar dapat kita tutup dengan cara memutarnya ke bagian kanan.

Command

Center console mobil ini tidak memiliki tuas transmisi seperti mobil kebanyakan karena sudah pindah ke pengatur transmisi automatic digital dibalik kemudi, sehingga Mercedes-Benz bisa memaksimalkan tempat ini untuk ruang penyimpanan barang. Jog pengatur Mercedes-Benz Comand diletakan di konsol tengah, dibandingkan dengan kompetitornya, ini lebih mudah digunakan karena tersedia tombol-tombol shortcut pada dashboard.

Rear Seat

Duduk dikursi belakang tidak seburuk yang kami kira sebelumnya, masih acceptable mulai dari legroom, headroom dan kontur kursi yang nyaman untuk digunakan jarak jauh. Model kursi depannya menggunakan semi bucket seat dengan model headrest menyatu dengan sandaran, meskipun menyatu, headrest Mercedes-Benz bisa digunakan untuk menyandarkan kepala secara sempurna.

Luggage space

Bagasi belakangnya tidak begitu besar, namun untuk ukuran sebuah coupe ini sudah lebih dari cukup. Yang menarik, Mercedes-Benz memberikan detil yang sangat rapih pada bagian dalam bagasi belakang serta akses bagasi lewat kabin melalui balik armrest.

Sport Line

Kesimpulan dari first impression kami terhadap Mercedes-Benz ini, kami sangat menyukai bagaimana Mercedes-Benz membuat sebuah coupe sporty namun memiliki fleksibiltas seperti layaknya sebuah sedan 4 pintu, dan memang ini sedan 4 pintu namun dengan bentuk yang menyerupai coupe. Mobil CBU yang dihargai 639 juta Rupiah untuk varian Urban Line dan 699 Juta Rupiah untuk varian Sport Line sangat cocok untuk anda yang berjiwa muda dan menginginkan mobil dengan tampilan sporty namun bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari, apalagi harganya terjangkau untuk ukuran mobil mewah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here